Senam Kegel Pengertian Manfaat dan Cara Melakukannya

Senam Kegel adalah gerakan otot diseputar organ seksual yang dilakukan dengan teratur dan berkelanjutan dimana secara kasat mata tidak dapat diamati namun dapat dirasakan dengan jelas.  Kebanyakan orang jaman sekarang lebih doyan memperhatikan apa yang kelihatan dengan jelas dan malah mengabaikan yang tidak kelihatan padahal perannya sangat vital bagi kehidupan. Sangat menarik pembahasan seputar hal ini. Baca sampai paragraf terakhir teman agar anda dapat menangkap dengan pasti manfaat dan cara yang benar melakukannya sebab ada dampak buruknya juga lho….

Berawal dari pandangan seorang senior yang mengatakan. “Untuk apa besar tapi lemah”. Pikirku juga “ia ya mending sedang-sedang saja tapi strong”. Dengan sangat antusias saya browsing di Internet dan menemukan “Senam Kegel” sebagai sebuah solusi strong, tapi malah tiba-tiba jam dua pagi datang pencerahan dalam kepala saya dan Ia berpesan ” Senam kegel luar biasa banyak manfaatnya “! Ayo kita bahas secara lengkap semua tentang senam ini.

Manfaat Senam Kegel

Latihan kegel adalah senam yang sederhana akan tetapi manfaatnya luas sampai kakek nenek terus dirasakan. Saking sederhananya, pelakunya tidak dapat diamati sama-sekali. Berikut manfaat luas dari latihan Senam Kegel :

1. Mengendalikan Nafsu Seks

Libido sudah ada sejak kita dilahirkan ke dunia ini. Nafsu seks adalah sebuah masalah besar yang menjadi pergumulan banyak orang. Tidak dapat mengendalikan diri saat lagi “horny“. Lakukan gerakan otot PC pasti horny-nya langsung lari saat otot-otot di bagian tersebut menjadi lelah.

2. Mengurangi kebiasaan Masturbasi

Semua orang tau hal ini, hanya saja berbahaya jika sering dilakukan. Selain membuat kita lelah aktivitas ini juga bisa membuat pikiran macet (tellme) dan berjalan ditempat. Oleh karena itu, jika keinginan anda untuk melakukan masturbasi menggeliat : gerakkan otot PC anda sampai keinginan itu hilang.

3. Mengatasi ngompol di malam hari

Kasihan melihat anak-anak kita yang sudah pada sekolah tapi suka ngompol di malam hari. Mengapa ? karena otot pubococcygeus (otot PC) yang kecil. Otot PC dengan ukuran normal dapat menahan air kemih tanpa kontraksi. Ketika tidur kesadaran kita minim dan hampir semua otot dalam tubuh mengalami peregangan (relaxing) demikian juga dengan otot PC sehingga apabila ada tekanan dari dalam oleh air kemih tidak dapat di tahan lebih lama.

4. Mengurangi resiko ngompol menjelang lansia

Saat umur sudah 60 tahun keatas segala sesuatu mengalami penurunan termasuk otot PC. Otot PC yang lemah membuat para lansia tidak lagi menyadari momen-momen mendesak seperti BAK. Selagi masih muda melatih kekuatan otot PC agar saat lansia nantinya penurunannya tidak sampai kepada pelemahan total otot PC dimana alat vital, kemih dan pencernaan tidak lagi berfungsi normal.

5. Mencegah wasir dan ambayen

Pernahkah anda merasakan ketika mau pup rasanya masih ada yang tersisa tapi tidak mau keluar. Ini karena otot PC anda yang lemah. Apabila otot PC anda kuat semua yang perlu dibuang akan di dorong keluar sampai tuntas.

6. BAB jadi teratur

Tidak sedikit dari kita yang BAB sekali 3 hari bahkan ada yang sampai sekali seminggu. Jika otot PC anda kuat, tidak perlu menunggu sampai ada rasa tertekan dari dalam perut : tiap pagi minum 2-3 gelas air putih hangat lalu 15-30 menit kemudian mejeng-lapor aja ke toilet 5 menit selesai

7. Mengatasi buang air besar yang tidak terkendali

Kasihan melihat anak-anak kita sering kedapatan pup (beo*) di celana, yang dewasa juga sering gak bisa tahan berlama-lama saat perut mulas, jadi suka buang air sembarangan tempat. Mengapa ? karena otot PC-nya lemah dan tidak bisa menahan tekanan dari dalam perut.

8. Perempuan : sanggup melahirkan normal

Seorang ibu pernah mengatakan, melahirkan normal itu nikmat lho, sensasinya wah….! Jika otot PC-nya kuat maka kekuatan mendorong dedek bayipun semakin jelas dan tegas tanpa masalah berarti.

9. AWALNYA – Perempuan : pasca melahirkan ms V normalized (normal kembali)

Senam kegel pertama-tama diperkenalkan tahun 1945 oleh Dr. Arnold Kegel Henry (24 Februari 1894 – 1981), seorang praktisi kesehatan dibidang gynecologist yang juga asisten Profesor dari Ginekologi pada Keck School of Medicine dari USC sebagai latihan otot panggul untuk memperbaiki ketidakmampuan menahan kencing setelah melahirkan. Tapi ternyata manfaatnya bukan cuma itu saja!

10. Yang cowok-cowok makin kuat dan Yang cewek-cewek makin kencang.

No comment! Bagi yang masih singel alangkah bagusnya jika senam ini hanya dilakukan saat ada masalah dengan organ di bawah pinggul dan saat menghilangkan libido saja. TIDAK PERLU DILAKUKAN RUTIN SETIAP HARI

11. Pasutri semakin langgeng.

No comment! Alangkah lebih baik jika pasangan suami istri melakukan senam ini setiap hari.
Berbicara mengenai senam kegel tidak ada matinya. Ditengah keunggulan manfaatnya yang luar biasa, senam ini juga memiliki kelemahan  Dampak buruk senam kegel tidak dapat dihindari. Disimak terus teman, ada cara tersendiri mengatasi bahaya senam kegel.

Cara melakukan Senam Kegel yang benar

Testimoni : senam ini TIDAK MENGAJARI untuk lebih senang menahan BAK : itu penyakit. Juga tidak mengajari anda untuk menahan BAB : itu penyakit. Senam kegel TIDAK menganjurkan anda untuk menahan kencing atau menahan pup melainkan ini cuma PENDEKATAN/ISTILAH agar lebih mudah dipahami.
Senam kegel bisa dilakukan oleh siapapun, perempuan, laki-laki, remaja dan anak, perbedaannya terletak pada tingkat kemudahannya. Ayo kita simak pembahasannya mulai dari dasar sampai benar-benar mengerti tentang senam ini.

Apa dan dimana letak otot Pubococcygeus ?

  • Otot Pubococcygeus adalah otot yang tidak bisa dilihat tapi gerakannya bisa dirasakan.
  • Dimana? Coba tahan kencing anda. Jika ada otot yang bergerak diantara anus dan alat vital : itulah otot PC.

Macam-macam Teknik Senam Kegel

  1. Regangkan otot PC – Tingkat awal. Buat otot PC anda berkontraksi kemudian lepaskan lalu berkontraksi lagi, lepaskan dan seterusnya diulang-ulang.
  2. Regangkan otot PC – Variasi. Gerakan otot PC Variasi di sebut juga sebagai senam kegel, dapat dilihat seperti dibawah ini.
  3. Teknik Latihan Kegel Variasi I (daya tahan 5 detik). Senam ini dilakukan selama 5 detik, dan anda dapat menghitung 1, 2  sampai 5 detik, prosedurnya :
    Detik ke-1. Lakukan kontraksi
    Detik ke-2. Tahan kontraksi
    Detik ke-3. Tahan kontraksi
    Detik ke-4. Tahan kontraksi
    Detik ke-5. Tahan kontraksi
    Detik selanjutnya. Rileks, berhenti selama 5 detik sebelum kembali memulai gerakan awal (1).
  4. Teknik Latihan Kegel Variasi II – fokus kecepatan (daya tahan 5 detik). Prosedur sebagai berikut:
    Detik ke-1-5. sama seperti gerakan sebelumnya.
    Detik ke-6.    Rileks 5 detik
    Detik ke-11.  Kontraksikan dengan cepat dan keras
    Detik ke-12.  Rileks (cepat)
    Detik ke-13.  Kontraksi (cepat)
    Detik ke-14.  Rileks (cepat)
    Detik ke-15.  Kontraksi (cepat)
    Detik ke-16.  Rileks beberapa detik dan mulai lagi dari awal (1).
  5. Teknik Latihan Kegel Variasi III (daya tahan 5 detik) – Fokus kekuatan (cengkraman yang menggigit). Prosedurnya sebagai berikut :
    1. Kontraksi perlahan 5 detik
    2. Kontraksi lebih keras 5 detik
    3. Kontraksi sekuat mungkin 5 detik
    4. Rileks 10 detik dan ulangi lagi dari langkah awal (1).

Persiapan dan Sikap Saat Latihan

1.) Persiapan bagi Pemula (beginner).

  • Pada tingkat awal fokuslah hanya untuk mengerutkan otot PC saja.
  • Duduklah dengan tenang dan rileks dengan posisi punggung tegak lurus. 
  • Hati-hati, hindari menegangkan otot lainnya di daerah perut, paha, dan bokong.
  • Hindari melakukannya sambil menahan napas. Rileks saja, bernapaslah dengan bebas.

2.) Persiapan untuk yang sudah mahir (expert).

Lakukan senam keghel dalam posisi yang bervariasi untuk mendapat hasil lebih maksimal, yaitu posisi duduk, berbaring, berdiri bahkan ketika sedang berjalan sekalipun.

Jadwal Terbaik Melakukan Senam Kegel

Jadwal latihan senam kegel dalam tulisan ini terdiri dari tahap demi tahap dari yang sederhana dan lambat. Mengapa? Hal ini dilakukan agar senam ini tidak membawa dampak buruk bagi kesehatan otot-otot diseputaran panggul. Ingat, lebih baik lambat asal selamat buat apa buru-buru kalau toh selangkangan jadi sakit dan keram.

Beginner

3.) Untuk Pemula. 

Diawal-awal latihan, lakukanlah senam ini saat anda sedang bersantai. Fokus anda akan sangat baik untuk memberikan hasil maksimal.
  • Jangan buru-buru melakukan senam kegel. Cukup dengan gerakan otot PC tingkat awal saja: 10 kali per hari >> terus ditingkatkan dihari kedua sebanyak 20 kali >> hari ketiga – 30 kali >> hari keempat – 40 kali > dan seterusnya > sampai pada hari kesepuluh – 100 kali.
  • Lakukan terus gerakan ini (100 kali perhari) hingga dua minggu kedepan dengan melakukan selingan posisi duduk, berbaring dan berdiri.
  • Ingat, anda bisa membagi latihan ini dalam beberapa set perhari, tidak harus sekaligus.
Lama kelamaan anda akan terbiasa melakukannya. Setelah terbiasa dapat dilakukan dalam berbagai kesempatan baik saat santai maupun sibuk. 

4.) Tempo.

Bagi yang masih lajang : Tidak perlu melakukan senam kegel, melainkan hanya gerakan otot PC tingkat awal sebanyak 20 kali perhari (boleh kurang atau lebih sesuai kesanggupan), segitu saja cukup untuk mengatasi masalah yang muncul dari organ di seputaran panggul.

Expert

5.) Tingkat mahir.

Setelah melalui tahap awal, anda siap untuk melakukan gerakan otot PC tingkat lanjut atau senam kegel.
  • Lakukan latihan kegel versi !, 20 putaran perhari selama satu minggu.
  • Minggu berikutnya _ Lakukan latihan kegel versi II, 20 putaran perhari.
  • Minggu berikutnya _ Lakukan latihan kegel versi III, 20 putaran perhari.
  • Minggu-minggu berikutnya _ Lakukan latihan kegel dengan terus meningkatkan daya tahan dari minggu ke minggu, mulai dari 5 detik >> 6 detik >> 7 detik >> 8 detik >> 9 detik >> 10 detik >> Terus ditingkatkan sampai >> 15 detik.

6.) Daya tahan.

Efektifitas daya tahan berada pada angka 5 detik selanjutnya terserah anda jika ingin melakukannya sampai 15 detik.

7,) Total waktu yang diperlukan.

Jadi, jika anda melakukan gerakan Senam kegel ini mulai dari tingkat awal hingga tingkat mahir maka keseluruhan waktu yang dibutuhkan kurang lebih 2 bulan sampai mahir dimana senam ini memberi dampak yang jelas.

8.) Tempo.

Khusus untuk yang sudah berkeluarga : Untuk hasil yang berkesinambungan yang tak terbatas, lakukanlah senam ini setiap hari selang-seling antara variasi I sampai III sebanyak 20 kali (ini adalah standar – asal rutin dilakukan pasti efektif).

9.) Lokasi dan tempat.

Bagi yang Sudah Terbiasa dan sudah punya pasangan resmi. Senam kegel variasi selain sederhana dan mudah dilakukan, hanya membutuhkan beberapa menit dalam sehari. Bahkan orang lain tidak akan mengetahui saat anda berlatih kapanpun dan dimanapun. Saran kami, jangan sekaligus melainkan lakukan secara bertahap, misalnya 10x di pagi hari dan 10x di sore hari. Lokasinya bisa di dalam mobil, antri ATM, saat berjalan, waktu belanja, ketika menonton TV, saat berbaring, duduk, atau saat berjalan di escalator/ lift. Intinya, senam kegel bisa dilakukan dan dijadikan kebiasaan positif.

Latihan otot PC menurut kelompok umur

Bagi yang sudah menikah senam kegel dapat dilakukan setiap hari namun bagi teman-teman saya yang masih jomblo alangkah lebih baik jika melakukan senam ini hanya untuk menghilangkan nafsu seks saja. Berikut ini pengelompokan latihan kegel berdasarkan umur.
  1. Untuk Perhatian : yang masih lajang cukup melakukan gerakan otot PC tingkat awal ITUPUN BILA LAGI HORNY atau ada masalah organ disekitar panggul (tidak perlu rutin dilakukan setiap hari), nanti setelah menikah, boleh masuk tahap selanjutnya.

  2. Senam Kegel Untuk Orang Dewasa (21 tahun keatas). Dapat melakukan latihan otot PC sampai kepada tingkat lanjut. Perhatikan point pertama
  3. Senam Kegel Untuk Anak Muda dan Anak-Anak (dibawah 21 tahun). Dapat melakukan latihan otot PC tingkat awal dengan jumlah kontraksi disesuaikan menurut kesanggupan masing-masing (20 puluh kali saja perhari pasti memberikan effect asal dilakukan rutin). Perhatikan point pertama
  4. Senam Kegel Untuk Balita. Hanya bagi balita yang bisa mengkomunikasikan momen buang air kecil – Biasanyakan orang dewasa yang membawa mereka kekamar mandi dan membuka celananya ; saat itulah si anak kita arahkan untuk menunggu 30 – 60 detik setelah itu baru kita tuntun ke kamar mandi. Perhatikan point pertama

Senam Kegel Pas lagi “horny”

Manusiawikan nafsu seks – Nafsu seks yang tidak terkendali adalah sebuah bencana bagi diri sendiri dan juga bagi oranga lain. Tidak mudah untuk mengendalikan libido karena ini sangat manusiawi atau sangatlah normal karena manusia memang diciptakan demikian. Hanya saja, janganlah kita terbawa emosi dan terpancing nafsu sesaat lalu berperilaku menyimpang karena tidak bisa mengendalikannya. Bagaimana bisa kita menyamakan diri dengan binatang diluar sana yang melakukan hubungan intim dengan setiap lawan jenis yang ditemunya. Hanya orang bodoh saja yang tidak bisa mengendalikan nafsunya yang sesat.
Salah satu cara praktis yang bisa dilakukn untuk mengendalikan syahwat adalah dengan senam. Berikut caranya :
  1. Lakukan gerakan otot PC tingkat awal sampai rasa gereget/ ereksi/ tegang itu hilang dan/atau sampai anda benar-benar lelah.
  2. Untuk lebih mengefektifkan senam ini dalam menghilangkan nafsu berlebih lakukanlah sambil berdiri, jongkok, berjalan, berlari atau olahraga lainnya.
  3. Ketika organ intim kelelahan maka nafsupun cenderung lenyap.
    Selengkapnya, Cara mengatasi hasrat seksual berlebihan
  4. Ingat teman. Kita manusia bukan binatang oleh karena itu sikap kita dalam memandang nafsu harus lebih manusiawi. Cerdaslah teman!
Jadi, bagi anda yang masih lajang, gerakan ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengendalikan keinginan untuk bermasturbasi. Lalu bagi mereka yang sudah berkeluarga, senam ini akan membuat hubungan keduanya semakin langgeng dengan kehidupan seks yang terpuaskan sehingga potensi untuk selingkuh dan jajan di luar menjadi lebih minim. Berikutnya akan kita pelajari bersama bagaimana cara melakukan senam kegel untuk pasangan suami-istri.

Senam Kegel untuk pria perkasa (bagi yang sudah married)

  • Bulan pertama latihan difokuskan untuk tahap awal (gerakan otot PC) tanpa ereksi.
  • Setelah itu, dua minggu berikutnya lakukan gerakan otot PC tahap awal : 20 kali dipagi hari dalam keadaan ereksi (biasanya dipagi hari mr p suka melapor atau kerjasama dengan istri agar bisa ereksi).
  • Kemudian, masuk dua minggu berikutnya lakukan senam kegel tingkat mahir pada saat ereksi sebanyak 20 kali (biasanya dipagi hari mr p suka melapor atau kerjasama dengan istri biar bisa ereksi).
  • Lakukan secara berkelanjutan untuk hasil yang lebih bagus pada pagi hari (setelah bangun pagi atau saat mandi pagi) dan sore hari (saat mandi sore atau sebelum tidur).
  • Jika rutin dilakukan, manfaat senam ini bagi Mr. P : ukuran lebih tebal, ereksi lebih tahan lama dan waktu ejakulasi lebih panjang.

Teknik Kegel Untuk Istri Tetap Kencang (bagi yang telah menikah)

Senam dasar panggul adalah senam untuk melatih dan melenturkan otot-otot dasar panggul. Perpaduan serasi antara senam dasar panggul dan senam kegel akan lebih efektif dalam menguatkan dan menyempitkan Ms V. Berikut cara melakukannya :
Senam-Dasar-Panggul

Teknik I

  1. Duduk simpul di matras dengan bertumpu pada tumit dan letakkan tangan dibelakang punggung seperti yang ditunjukkan oleh gambar.
  2. Lebarkan kaki diatas matras lalu dorong pinggul kedepan – lakukan teknik kegel satu kaliputaran. Setelah selesai turunkan kembali pinggul anda dan ulangi beberapa kali untuk hasil maksimal.
Senam-Dasar-Panggul-2

Teknik II

  1. Duduklah diatas matras, letakkan tangan dibelakang pinggul, luruskan kaki kedepan dan lebarkan (buka sedikit lebih lebar dari pinggul) dengan ujung jari lurus kedepan.
  2. Dorong pinggul keatas dan biarkan kepala terurai kebawah kemudian lakukan teknik kegel. Ulangi beberapa kali agar memberikan hasil maksimal.
senam-dasar-panggul-3

Teknik III

  1. Berbaring telentang diatas matras, letakkan tangan disisi samping dengan posisi terbuka dan menghadap keatas, lebarkan kaki lalu tekukkan sampai telapak rata dengan matras dan lutut sejajar dengan jari-jari kaki.
  2. Dorong pinggul anda sampai terasa menyentuh tulang belikat (tulang pinggul – dorongan maksimal keatas). Kemudian lakukan teknik kegel
Catatan : Teknik kegel juga bisa dilakukan sambil mendorong pinggul ke atas dan ke bawah.
Fusion dari kedua senam ini akan membuat otot dasar panggul lebih kuat artinya sistim reproduksi yang lebih sehat dan pembuangan yang lebih baik. SELALU INGAT! bahwa teknik kegel yang dipadukan dengan senam panggul mulai dari dasar dulu (beginnergerakan otot PC) jika yang awalnya sudah bisa dan terbiasa boloh dilanjutkan ke tahap expert (Senam kegel Variasi I, II dan III).

Efek samping teknik kegel

  • Jika anda rutin melakukan senam ini, manfaatnya akan mulai terasa setelah satu bulan latihan (3 – 4 minggu : beginner). Hasil latihannya semakin jelas dan kentara setelah bulan kedua (tingkat mahir).
  • Dibalik keberhasilan anda, ada resiko buruk yang menanti. Baca terus sampai habis agar dapat mengantisipasinya.
Senam jongkok untuk semua

Dampak buruk latihan kegel dan cara mengatasi lalu mengimbanginya

  • Bahaya Melakukan latihan kegel dengan terburu-buru dan langsung menembak angka ratusan per hari adalah:
    “dapat membuat otot seputaran pinggul pegal-pegal”.
    “dapat mengalami ejakulasi dini (cowok)”
    “munculnya urat baru yang berwarna ungu diseputaran organ vital anda”
  • KHUSUS : Bagi anda yang tidak terbiasa jongkok, senam kegel variasi akan membuat otot-otot anda keram. Oleh karena itu lakukan jongkok atau senam jongkok untuk mengimbangi kerja senam kegel. Karena senam kegel hanya mengerutkan dan mengendurkan otot PC namun tidak merelaksasikannya dan meregangkannya. Senam jongkoklah yang membuat otot-otot anda lebih rileks dan bebas dari keram karena latihan kegel.
  • Imbangi latihan kegel Variasi dengan latihan jongkok dengan perbandingan 4 : 1 dimana setiap 4 kali melakukan gerakan senam kegel khususnya yang variasi, lakukanlah juga 1 kali senam jongkok.
    Apa itu senam jongkok dan manfaatnya
  • Sabar melewai proses (beginner dulu setelah itu bisa masuk expert) dan mulailah dari angka kecil dengan posisi duduk tegak. Jika sudah terbiasa dalam jumlah kecil maka yang selanjutnya boleh ditingkatkan jumlah gerakan dan daya tahannya dari minggu ke minggu dengan variasi posisi yang berbeda-beda.

No comments:

Powered by Blogger.